Resep Soto Medan Enak Dan Lezat

Bahan :

1 buah dada ayam
1 batang serai di memarkan
1 lbr daun salam
3 buah daun jeruk
Lengkuas secukup nya di memarkan
Perasan air jeruk nipis secukup nya
100 ml santan kental

Bumbu dihaluskan :

5 buah bawang merah
3 buah bawang putih
1 sdt ketumbar
1 cm jahe
Merica secukupnya
Kunyit secukupnya
Kemiri secukupnya disangrai
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Pelengkap :

Perkedel kentang
Daun Bawang,Seledri rajang halus,
Bawang Goreng
Sambal
Irisan jeruk nipis
Kerupuk

Cara Membuat Soto Medan :

Rendam ayam dengan perasan air jeruk nipis selama sekitar 30 menit, cuci, kemudian masak dengan air.
Masukkan garam, serai yang sudah di memarkan, daun jeruk dan lengkuas yang sudah di memarkan.
Masak sampai ayam empuk kemudian angkat.
Lalu goreng Ayam kemudian di suwir-suwir sisih kan..
Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan ke dlm air kaldu ayam tadi.
Masukkan kembali tulang2 ayam ke dlm kaldu berbumbu, masak dengan api kecil sampai bumbu meresap.
Kemudian tuang santan dan masak hingga matang. Cicipi rasanya, bisa ditambahkan gula ato garam sesuai selera.

Sajikan Panas-panas dengan pelengkapnya..
Selamat Mencoba.. ^_^

Daun Singkong Tumbuk Khas Sipirok

Pingin tau gimana rasanya daun singkong tumbuk khas Sipirok..??
Yukssss di coba resep yang satu ini.

Daun Singkong Tumbuk Khas Sipirok

Bahan:

2 ikat daun singkong muda
2 ekor Ikan saleh/ limbat
1 tangkai bunga kincung
Rimbang/ tekokak sesuai selera
2 siung bawang putih
4 Siung bawang merah
Cabai merah/rawit sesuai selera
Jahe secukupnya
1 ruas sereh di memarkan
1 ruas lengkuas di memarkan
1 buah kelapa diparut
Garam Secukupnya

Cara Membuat:

Cuci daun singkong yang telah disisihkan dari batangnya.
Tumbuk daun singkong, bunga kincung, rimbang,bawang merah, bawang putih,cabai dan jahe lalu sisihkan.
Sementara peras kelapa yang telah diparut, masukkan kedalam panci, tambahkan sereh dan lengkuas yang sudah di memarkan,
lalu masak hingga mendidih.
Setelah mendidih masukkan daun singkong yang telah ditumbuk dan masak hingga setengah matang.
Tambahkan ikan saleh yang telah dicuci bersih, garam dan masak hingga matang.
Siap untuk disantapā€¦.

Slamat Mencoba ^_^

Resep Praktis Gado-Gado Siram Semarang

Pecel atau gado-gado adalah menu khas Indonesia. Buat bunda yang ingin makanan yang serba fresh dan sehat, gado-gado siram khas semarang ini bisa jadi pilihan. Cara membuatnya mudah dan praktis.

BAHAN :
– Tomat
– daun slada
– kol
– timun
– tahu di goreng, potong kecil
– tempe di goreng, potong kecil
– kentang di rebus

BUMBU :
– bumbu pecel siap pakai 1 bungkus kecil
– santan kental ( kara/sun kara) 75 ml
– jika tdk punya bumbu pecel siap pakai, maka kita buat sendiri bumbu pecelnya dari : kacang tanah goreng ,gula merah, kencur, cabe merah, asem jawa,daun jeruk, semua bahan di haluskan. (Banyaknya bahan sesuai selera)
Jika menggunakan takaran saya sbb:
– kacang tanah goreng 1/4 kg
– cabe merah/rawit 10 bh
– kencur 1 jempol
– daun jeruk 5 lembar
– gula merah 1/2 ons
– asem jawa 2-3 bh
– garam secukupnya

CARA MEMBUAT Gado-gado :
1. Cuci dan tiriskan semua sayuran, potong sesuai selera
2. Tahu, tempe dan kentang potong kecil
3. Masukkan dalam panci bumbu pecel siap pakai, tambahkan air, gula merah dan asam jawa secukupnya.
4. Setelah mendidih, tambahkan santan kental, masak dengan api kecil.
5. Setelah mendidih, angkat, sisihkan.
6. Setelah bumbu dingin, siram bumbu di atas sayuran dalam piring saji.
7. Taburkan kerupuk dan emping di atasnya.
8. Gado- gado siap di santap.gado-gado siram semarang

Tahu Kecap – menu food combining

Baru beberapa minggu ini saya mempelajari food combining, dan coba menerapkannya.
Nah salah satu menu andalan food combining saya adalah tahu kecap ini.
Resepnya mudah banget ngak pake ribet. Ini bisa jadi pilihan menu makan siang atau makan malam kita yaa…
Yukk kita coba resep foodcombining tahu kecap andalan ku berikut ini:

BAHAN TAHU KECAP
– tahu 1-2 buah, potong kecil
– sayur daun slada 3 lembar
– letuce 3 lembar
– timun 1 buah , kupas kulit
– tomat, potong kecil
– sawi asin (optional, sbg penyedap, karena sebaiknya kalau menu foodcombining sayurnya harus yg segar bukan yg di awetkan)

BUMBU TAHU KECAP
– bawang putih 1 siung
– kecap manis sesuai selera
– bumbu pecel atau kacang tanah goreng 10 butir
– petis udang 1 sdt jika suka
– cabe rawit 5 buah (sesuai selera)

CARA MEMBUAT TAHU KECAP:
1. Haluskan bumbu , tambah garam sedikit dan air kira-kira 6 sendok makan, sisihkan dalam piring kecil
2. Goreng tahu 1/2 matang, tiriskan dan atur dalam piring saji
2. Potong semua sayur, atur di atas tahu dalam piring saji.
3. Sesaat akan di makan, siram bumbu kecap di atas tahu dan sayuran tadi.

Nahh gampang kan? Silahkan mencoba dan bersantap dgn menu sehat ini.
Ingat, jika anda menjalankan food combining, menu ini tidak boleh dimakan barengan dengan nasi/ karbohidrat lainnya dan makanlah dengan perlahan, tidak buru- buru. Jika bisa kunyahlah 20-30 kali..
Hmm.. Terus terang saya sendiri masih suka lupa nih soal makan perlahan dan mengunyah hingga 30 kali.. Tapiii kita tetap harus mencoba yaa teman:-) dont give up !!

IMG_9940.JPG

Resep Asinan dan Manisan Salak

manisan salak

asinan salak

Bunda paling hobby makan asinan atau manisan. Hanya nih, biasanya kalau beli manisan buah, setelah makan kerongkongan rasanya seperti panas terbakar, dan ujung-ujungnya bunda pastiii kena radang renggorokan.
Selidik punya selidik, ternyata hal itu disebabkan oleh bahan pengawet dan biang gula yg ditambahkan dalam manisan buah salak tersebut.

Oke.. Daripada selalu kena radang tenggorokan setiap kali habis makan manisan buah salak, mending bunda buat sendiri deh manisan buah salak tanpa pengawet dan biang gula yg lebih sedapppp !!!
Ini resep manisan buah salak favorit ku

BAHAN MANISAN BUAH SALAK
1 kg salak, kupas, buang biji ( lebih enak jika salaknya yg asem ya)
1 sendok makan kapur sirih
1/2 liter air matang (sesuai selera)

BUMBU MANISAN SALAK
1 gelas gula pasir
1 sedok makan garam
1 sendok teh terasi, giling halus
15 buah cabe merah, giling halus

CARA MEMBUAT MANISAN SALAK
1. Kupas buah salak, belah 2 dan buang biji, kemudian rendam dalam air garam selama 1 jam, lalu tiriskan dan sisihkan.
2. Tambahkan kapur sirih ke dalam aIr garam bekas rendaman salak tadi, kemudian rendam kembali salak ke dalam nya selama 1 jam, kemudian tiriskan dan sisihkan
3. Untuk kuah manisan, maka haluskan cabe , garam dan terasi, dan campurkan dalam larutan air gula.
4. Masukkan salak dalama kuah manisan, pindahkan dalam wadah tertutup, dan simpan dalam lemari es 1-2 hari.
5. Manisan salak siap di santap :-)

RESEP PRAKTIS LASAGNA

Resep LASAGNA PRAKTIS
Kalau denger buat lasagna, yg kepikir pertama kali pastiii ribetnya, apalagi klo mengikuti petunjuk yg ada di dus pasta lasagna..adalah harus buat 2 macam saos, adalah harus rebus dulu pastanya.pernah nih nekad buat sesuai petunjuk.. hasilnya dapur berantakan banget dan GATOT..(gagal total) karena Rebusan lasagna nya nempel2 enggak karuan ;-).

Hasil googling sana sini, akhirnya ketemu cara praktis buat lasagna. Yg jadi favorit ku adalah resepnya mbak rika. Hanya sayangnya eike lupa linknya..
Berikut resep praktis lagsana yg sdh bunda modifikasi sesuai dg lidah org indonesia šŸ˜‰

Bahan LASAGNA
– 500 gr daging cincang
– 4 siung bawang putih, cincang kasar
– 2 bawang bombay ukuran sedang dicincang kasar
– 250gr susu cair putih yg plain
– 50gr butter/ margarine untuk menumis bawang putih.
– 500gr tomat, di rebus, lalu buang kulit dan bijinya, cincang halus
– 200 gr keju parut atau sesukanya sesuai selera (keju yang mau dipakai pun disesuaikan dengan selera juga, saya biasanya suka pake keju chedar atau jika mau pake keju kraft yg quick melty yg bisa mulur2 itu)
– 1 sachet kaldu sapi/ ayam , kalau aku biasanya pake royco.
– air secukupnya
– lasagna sheet, kurang lebih 1/2 dus uk.250 gram atau sesuai selera dan ukuran loyang yg di gunakan.
– garam, merica secukupnya..sesuai selera..
– bumbu2 seperti bubuk cabe, boleh pake 1/2 bungkus bon cabe level 10 jika ingin agak pedas, trus bubuk oregano, basil, thyme , dll … Seadanya saja sesuai selera.

Cara masak LASAGNA
1. Panaskan wajan dalam/ wok/ panci, tumis bawang putih dgn margarine atau butter, lalu masukkan daging cincangnya, ketika mulai kecoklatan masukkan bawang bombay, tambahkan garam dan merica di sini.
2. Ketika daging sudah matang dan bawang bombay terlihat layu masukkan tomat cincang tambahkan air secukupnya (kira-kira 1/2 gelas – 100 ml) agar adonan sedikit lebih cair
3. Masukkan susu cair , kecilkan api, aduk-aduk sedikit dan tunggu hingga mendidih, kurang lebih memanas selama 1-2 menit
4. Masukkan bumbu-bumbuan (chili powder, oregano, dll) ke dalam saos daging
5. Masukkan setengah takaran dari keju parut dan tunggu sampai keju meleleh.
6. Saos daging sudah selesai dan siap untuk digunakan. Saos daging ini gak padat seperti saos spageti, tapi cenderung encer karena fungsinya untuk melembutkan lembaran lasagna yang masih kaku. Karena jika saosnya kekentelan lasagnanya gak bakal mateng.
7. Panaskah oven 200 derajat celciusq
8. Ambil pinggan/ loyang lasagna, tuangkan sedikit saos daging di dasar loyang sampai seluruh permukaannya tertutup, kemudian tumpuk dengan lembaran lasagna.Kadang lembar lasagna yg tersedia tdk sesuai dgn ukuran loyang, tdk masalah, potong2 saja di sesuaikan dgn ukuran loyang.
8. Masukkan lagi saos dagingnya menutupin lembaran lasagna, berikutnya tumpuk lagi dengan lembar lasagna baru
9. Ulangi terus sampai saos daging atau lasagnanya habis, yang jelas lembaran lasagna harus selalu berada ditengah saos daging (gak boleh paling bawah atau paling atas).
11. Di lapisan teratas taburkan lagi sisa keju parutnya
12. Kalo suka lasagna yang super cheesy boleh juga kasih extra keju parut di tengah-tengah lapisan waktu tadi sedang menyusun lasagna.
13. Masukkan oven selama 30 menit. Setelah dikeluarkan tunggu dulu 10 menitan sebelum disantap supaya lasagnanya gak terlalu lembek dan terlalu berminyak untuk dipotong.

Nahhh..praktisss kan?? Cukup 1 panci, enggak pake ribet dan sangat praktis :-)
Resep ini bisa untuk 10 porsi lasagna seperti di gambar.

20140719-090750.jpg

RESEP DAGING LADO ALA iien’s kitchen

20131230-161638.jpgRESEP DAGING LADO KENTANG

Di rumah sudah Luamaaaaa banget ngak masak daging….karena eike sekarang enggak makan daging atas saran dokter kandungan ku. Trus tadi malam pas buka kulkas…GUBRAKKKKKK….. MasyaAllahh, ternyata di freezer masih ada daging jatah lebaran haji kemaren :(( .. Oke deh… Subuh2 eike masak deh jadi daging lado kesukaannya Mr.T. Berikut resep daging lado ala iien’s kitchen yaa..

BAHAN DAGING LADO KENTANG:
1/2 kg daging, rebus hingga empuk
1/2 kg kentang, cuci bersih, tidak usah di kupas kulitnya, potong sesuai selera.
Minyak untuk menggoreng kentang dan menumis

BUMBU DAGING LADO KENTANG
10 siung bawang merah, giling halus
3 siung bawang merah iris kasar
1 siung bawang putih, giling halus
10 buah cabe merah kriting/besar, giling halus
10 buah cabe merah besar/keriting , tumbuk kasar
1/2 sendok makan gula pasir (sesuai selera)
1 sendok teh garam (sesuai selera)

CARA MEMBUAT DAGING LADO KENTANG
1. Daging yang sudah di rebus, di potong sesuai selera. Kalau aku, karena MR.T suka yg empuk, maka aku tumbuk lagi dagingnya seperti membuat empal.agar daging lebih empuk. Tapiii..hati- hati jangan sampai hancur yaa
2. Goreng kentang hingga matang, sisihkan.
3. Panaskan minyak secukupnya dalam wajan, masukkan semua bumbu yang sudah di giling halus maupun kasar dengan api besar…
4.Saat mulai tercium aroma harum, tambahkan lagi sedikit minyak agar bumbu tidak gosong.
5. Kecilkan api, aduk terus bumbu hingga matang.
6. Jika tidak lagi tercium aroma langu dan bintik-bintik minyak sudah mengumpul semua di tengah bumbu, maka itu ciri- ciri bumbu sudah matang.
7. Masukkan kentang goreng dan daging ke dalam wajan, aduk hingga bumbu dan bahan bercampur rata, tambahkan garam dan gula sesuai selera.
8. Saat mencampur daging , kentang ke dalam bumbu, api kompor boleh di matikan agar masakan tidak gosong ya…
9. Angkat, hidangkan di piring saji, nikmat di santap dengan nasi putih hangat :-)

Tumis Kangkung

Sejak aku kena miom, sudah lamaaaa banget tidak buat tumis kangkung, karena kangkung termasuk salah satu makanan yang di larang dokter aku santap, terkait dengan miom ku ini. Nah.. tadi pagi Mr.T bilang kangen sama tumis kangkung buatanku. Soooo siang ini eike masakin deh tumis kangkung kesukaannya . Berikut aku share yaaa resep tumis kangkung special ku :-)

BAHAN SAYUR TUMIS KANGKUNG:
3 ikat sayur kangkung, ambil daunnya saja
2 sendok makan minyak untuk menumis

BUMBU SAYUR TUMIS KANGKUNG:
5 siung bawang merah, iris kasar
1 siung bawang putih, iris kasar
1/2 buah tomat, iris kasar
4 batang cabe merah, iris halus serong
2 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis (sesuai selera)
1/2 sendok teh garam (sesuai selera)

CARA MEMBUAT SAYUR TUMIS KANGKUNG
1. Cuci bersih semua bahan dan bumbu, lalu iris- iris sesuai petunjuk
2. Siapkan wajan, panaskan minyak dengan api besar
3. Masukkan bumbu satu persatu saat minyak sudah panas, aduk-aduk bumbu sebentar hingga matang ( keluar aroma sedap)
4. Masukkan kangkung yg sudah kita siang dan cuci bersih ke dalam wajan, lalu tutup dengan tutup wajan beberapa saat hingga kangkung layu /lemas.
5. Buka tutup wajan, tambahkan garam dan sedikit air sesuai selera (kalau mr.T tidak suka banyak kuah, jadi aku kasih airnya sedikiiiit aja, sekedar agar tumisanku tidak gosong)
6. Cicipi kuahnya, jika sudah sesuai selera, angkat dan sajikan pada piring saji.
7. Tumis kangkung sebaiknya langsung di santap begitu diangkat dari kompor.

20131230-150644.jpg

RESEP RISOLES ISI SMOKE BEEF

Kalau sudah ketemu risoles smoke beef buatan tante Inong ini… Duhhh ngak tahan deh.. Pantangan makan daging terpaksa ku langgar hikss… Demi sepotong risoles yummy yg dalamnya berisi Smoke beef dan keju meleleh dgn aroma oreganonya yg khas. Hmmm dietku langsung bubar jalan deh šŸ˜‰
Berikut aku share resep rahasianya….risoles isi Smoke beef ala te INONG yaaa

BAHAN ISI RISOLES SMOKE BEEF:
1sdm mentega ( untuk menumis)
2 lembar smookebeef (iris tipis)
50 gr keju chedaar (parut), atau lebih enak lagi jika gunakan keju quick melt
1 buah bawang bombay (cincang halus)
5 siung bawang putih (cincang halus)
1 Sdm oregano
1/2 sdt garam
1 sdt merica
250 ml susu full cream
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt pala bubuk
3sdm tepung terigu (cairkan dengan 1/2 gelas belimbing) untuk pengental

BAHAN KULIT RISOLES SMOKE BEEF:
100gr tepung terigu
1 butir telur
1/2 sdt garam
2 gelas belimbing air

CARA MEMBUAT KULIT RISOLES SMOKE BEEF:
1. Masukkan tepung dan garam kedalam wadah cekung
2. Masukkan air,
3. Masukkan 1 butir telur, aduh sampai semua bahan tercampur.

CARA MEMBUAT ISI RISOLES SMOKE BEEF:
1. Panaskan mentega dalam wajan
2. Tumis bawang putih dan bombay sampai harum
3. Masukkan smookebeef,
4. Masukkan garam, gula, merica dan oregano aduk sampai rata
5.tuang susu aduk sampai mendidih baru masukkan keju parut
6. Setelah mendidih kecilkan api, masukkan larutan tepung terigu. Aduk sampai mengental dan angkat.

CARA MEMBUAT RISOLES SMOKE BEEF:
1. Siapkan 4 sendok tepung terigu, larutan dengan sedikit air dan garam.
2. Ambil 1 lembar kulit, letakkan di atasnya 1 sendok makan adonan isi, lipat
3. Cemplungkan risoles di atas ke dalam larutan tepung terigu, angkat dan gulingkan di atas tepung roti.
4. Goreng risoles dalam minyak panas dgn api sedang, hingga kuning keemasan.
5. Angkat dan tiriskan…
6. Risoles yummy siap di santap hangat- hangat dengan sambel botol.

20131216-172702.jpg

Resep Klapertart

resep KLAPERTART

Alhamdulillah tadi pagi dapat kiriman dr Te inong klapertart untuk temen kajian Minggu pagi ini… Hmmm.. Klapertart buatan Inong ini rasanya wow banget, tekstur nya lembut dan tidak eneg di makan… Manisnya juga pas.
Cara buatnya ternyata simpel lohhh… Berikut resep Klapertart ala te Inong.

BAHAN KLAPERTART
– 1,5 liter susu ultra cair, yg plain
– 1 kaleng ( 380 ml) susu kental manis
– 1 sendok makan custard power, encer kan dg sedikit air, lalu saring, sisihkan
– 6 butir kuning telur
– 1/2 sdt vanila .. Jgn kebanyakan,nanti pahit..
– 50 gram gula pasir
– 100 gram margarine
– 100 gram butter
– 6 butir kelapa muda , di kerok dagingnya
– 50 gram kismis
– bubuk kayu manis secukupnya, untuk taburan
– 3 sdm tepung terigu,di encer kan dgn sedikit air, lalu saring, sisihkan
– 60 ml essence rum
– almond cincang.

CARA MEMBUAT KLAPERTART
1. Siapkan wadah panci
2. Masukkan semua bahan, kecuali kelapa ke dalam panci, panaskan di atas api kecil.
3. Aduk bahan-bahan di atas, hingga mendidih. (mengaduk nya harus satu arah, tidak boleh bolak balik, agar tekstur klapertart nya lembut).
4. Rendam kismis dlm sedikit air yg di beri essen rum .
4. Setelah mendidih, masukkan potongan daging kelapa dan kismis yg sudah direndam,aduk-aduk hingga mendidih, angkat dari api.
5. Tuang adonan ke dalam loyang , taburi atasnya dengan rajangan almond dan bubuk kayu manis , dinginkan hingga mencapai suhu ruangan, masukkan ke dalam frezzer atau kulkas.
6. klapertart enak di santap dingin- dingin šŸ˜‰

20131215-213314.jpg

Gulai Ikan ala Iien’s Kitchen

Sudah pernah membuat gulai ikan yg simple dan praktis? Hehehe… Awalnya klo mendengar orang membuat gulai padang , pastiii yang terbayang adalah rumit dan rempong. Tapii waktu di kasih tau tetanggaku yang orang Padang dan aku praktekkan sendiri…wahh…ternyata membuat gulai ikan itu gampangggg dan praktis. Berikut ini aku share pengalaman ku masak gulai ikan.

BAHAN GULAI IKAN
– 1/2 kg ikan bawal, atau kakap, atau kepala kakap., bersihkan sisihkan
– 150 ml santan kental, gunakan santan kara
– 4 buah asam kandis
– kacang panjang sesuai selera
– kol sesuai selera

BUMBU GULAI IKAN
– 6 siung bawang merah
– 1 siung bawang putih
– 1/2 ruas jempol jahe
– 1 ruas jempol kunyit
– 3 lembar daun salam
– 15 buah cabe merah

CARA MEMBUAT GULAI IKAN
1. haluskan bumbu, letakkan ikan dan bumbu halus dalam wajan
2. Atur sayuran dalam wajan, tambah air dalam wajan hingga menutupi ikan dan sayur
3. Masak di atas api besar hingga mendidih
4. Tambahkan santan dalam masakan, dan kecilkan api.
5. Masak terus hingga aroma langu bumbu hilang dan sayur matang
6. Angkat, atur di atas piring saji

20131202-000349.jpg

Saus salad home made

Bosan dan tidak cocok dengan saus salad bikinan toko? Yess..itu sama dengan saya. Untuk menyiasatinya, saya buat dressing sendiri dengan bahan-bahan yang murah dan gampang tersedia.
Berikut Tips dari saya :
Dressing rasa oriental:
– 1 sdt air jeruk nipis, jika tdk ada bisa di ganti dengan 2 tetes cuka
– 2 sdt Mustard, kalau saya gunakan yellowmustard dari maestro yg banyak di jual di swalayan
– 2 sdt mayones merek apa saja oke
– 4 sdt madu merek apa saja oke
– 1/4 sdt oregano
– 1 sdt olive oil, jika tdk ada juga tdk apa-apa
– sedikit garam

Aduk semua bahan di atas agar bercampur rata dalam mangkuk kecil. Jika di rasa terlalu kental, tambahkan sedikit air sesuai selera.

Nah.. Dressing salad home sudah siap dipadukan dengan berbagai sayuran segar pilihan .

20131128-065948.jpg

Resep Tumis Mix Vegetable Macaroni Saus Lemon ala INONG

BAHAN TUMIS MIX VEGETABLE MACARONI SAUS LEMON
* 1/4 kg kol mini ,
* 2 bh timun acar, kupas, potong sedang, lalu rebus
* 1 bh paprika merah
* 3 batang wortel, kupas, potong 2 sesuai selerA
* Macaroni ( sesuai selera), rebus hingga matang, tiriskan

BUMBU TUMIS MIX VEGETABLE MACARONI SAUS LEMON
* 2 sdm minyak zaitun , jika tdk ada bisa ganti dg mentega
* 1/2 sdt garam
* 1/2 sdt merica
* 4 lbr bay leaves , 1/2 sdt basil ( bisa di ganti dg 1/2 sdt oregano)

BUMBU SAUS TUMIS MIX VEGETABLE MACARONI SAUS LEMON
* 4 sdt gula pasir
* 2 buah jeruk lemon, jika tidak ada bisa ganti dengan jeruk nipis
* 1 sdt garam
* 150 ml air
* 1 sdm minyak zaitun, atau minyak goreng.

CARA MEMBUAT TUMIS MIX VEGETABLE MACARONI SAUS LEMON
1. Didihkan air, masukan 1/2 sdt garam , gula pasir dan minyak goreng
2. Masukkan sayur kol mini selama 2 menit, angkat dan tiriskan
3. Lakukan hal yang sama pada semua sayuran, kecuali paprika
4. Siapkan wajan, tambahkan minyak zaitun/ mentega untuk menumis semua sayuran yang sudah di rebus tadi, termasuk paprika dan Macaroni rebus
5. Tambahkan garam, merica, bay leaves dan basil.
6. Angkat dr wajan, sajikan sayuran di piring saji, siram dengan saus lemon yang sudah didinginkan di lemari es.

20131106-155045.jpg

Resep Kikil Sapi Tumis Cabe Ijo

kikil sapi tumis cabe ijoPunya kikil sapi tadi sore di bawain sama Mr.T
Rencananya mau di masak gule, tapiii pikir punya pikir..ribet ah,
Akhirnya pilihan jatuh ke kikil tumis cabe ijo yg praktis ngak pake ribet.
Berikut aku share resepnya yaa..

BAHAN KIKIL SAPI TUMIS CABE IJO
* 1/4 kg kikil sapi yg sudah dibersihkan, potong2, rebus hingga empuk, sisihkan
* 2 sdm minyak untuk menumis
* 3 sdm kecap manis
* 1 sdm gula pasir
* garam secukupnya
* 1 gelas air

BUMBU KIKIL SAPI TUMIS CABE IJO
* 5 siung bawang merah, rajang halus
* 1 siung bawang putih, rajang halus
* 1/4 kg cabe ijo besar/kecil, potong kotak2
* 10 butir cabe rawit
* 1 bh tomat, potong kasar
* 3 lembar daun jeruk
* 5 bh cabe merah, potong bulat
* 1 jempol kunyit, memarkan

CARA MEMBUAT KIKIL SAPI TUMIS CABE IJO
1. tumis bumbu dalam minyak panas( pertama masukkan bawang merah, bawangutih, lanjutkan masukkan cabe ijo, tomat,kunyit, daun jeruk, cabe rawit), masak hingga setengah matang
2. masukkan potongan kikil yg sudah di rebus hingga empuk,
3. tambahkan kecap ,gula pasir dan garam secukupnya.
4. tambahkan air ke dalam tumisan, masak hingga mendidih dan kuah sedikit asat.
5. angkat dari wajan, atur di piring saji, dimakan dgn nasi hangat… hmmm.. yummy…

tips mengolah kikil agar empuk:
– cuci bersih kikil
– masukkan dlm panci yg sdh di bubuhi garam kurang lebih 1 sdm dan rebus selama 20 menit dgn panci presto…

Resep Ikan Nila Kuah Kuning

ikan nila kuah kuningBAHAN IKAN NILA KUAH KUNING
* 6 ekor ikan nila ukuran sedang
* 5 tangkai daun kemangi, ambil daunnya saja
* 10 bh cabe rawit utuh

BUMBU IKAN NILA KUAH KUNING
* 5 siung bawang merah, dihaluskan
* 1 siung bawang putih, dihaluskan
* 2 jempol kunyit, di haluskan
* 1 jempol lengkuas, di iris halus
* 1 jempol jahe, dihaluskan
* 10 bh cabe merah, dihaluskan

CARA MEMBUAT IKAN NILA KUAH KUNING:
1. bersihkan ikan, ciprati dgn air jeruk nipis, sisihkan
2. siapkan air dlm panci, didihkan
3. sambil menunggu air mendidih, haluskan semua bumbu, tumis dg sedikit minyak hingga harum, masukkan cabe rawit utuh dan tumisan bumbu ke dlm air mendidih.
4. tunggu sesaat, hingga air mendidih dan keluar aroma harum bumbunya, masukan ikan dan daun kemangi.
5. masak hingga mendidih, angkat dari panci, hidangkan hangat2 sebagai sup pembuka :)

Resep Nasi Goreng Ikan Asin

nasi goreng ikan asinBunda punya sisa sedikit ikan asin peda? Mau coba nasi goreng yg sedikit beda dari biasanya? yukkk kita olah nasi dan ikan asin peda jadi menu istimewa pagi hari, Nasi goreng ikan asin… hmmm lekkerr deh…

BAHAN NASI GORENG IKAN ASIN
* Ā 4 piring nasi
* Ā 1/2 ekor ikan asin peda, goreng, ambil dagingnya
* 1 butir telur, kocok lepas

BUMBUĀ NASI GORENG IKAN ASIN
* 5 siung bawang merah, haluskan
* 1 siung bawang putih, haluskan
* 8 bh cabe merah, haluskan
* 1 sdm kecap asin
* 3 sdm kecap manis

CARA MEMBUATĀ NASI GORENG IKAN ASIN
1. Tumis bumbu halus dalam wajan dgn minyak panas, hingga matang dan harum ( bau langu bumbu yg belum matang hilang)
2. masukkan telur dalam tumisan bumbu, aduk rata
3. masukkan nasi putih , kecap asin dan kecap manis, aduk rata, kecilkan api kompor
4. masukkan suwiran daging ikan asin tanpa tulang, aduk sampai semua bahan tercampur rata.
5. matikan api kompor, nasi goreng siap di santap

Catatan TIPS:
Kunci membuat nasi goreng yang enak adalahĀ 
1. sebelum memasukkan nasi, bumbu HARUS MATANG dulu ( tdk langu)
2. nasi dan bumbu HARUS benar2 tercampur rata, aduk yag lama dgn api kecil agar tdk Ā gosong.

Resep Misoa Goreng

Misoa GorengMisoa selain untuk campuran sayur, bisa juga kita olah menjadi camilan sehat bergizi buat keluarga bunda. Berikut pilihan variasi lain cemilan sehat buat keluarga bunda, MISOA goreng. Cara buatnya guampangggg banget, bahannya juga mudah didapat. yukkk bundaa cintai keluarga dengan menghidangkan panganan sehat dan lezat yaa… #tito dan mr.T sukaaa banget sama camilan ini#
Berikut resep praktis membuat misoa goreng

BAHAN MISOA GORENG:
* 250 gram Misoa
* 2 butir telur
* 5 sdm terigu
* 2 bh wortel, potong kotak kecil2
* 2 batang daun seledri
* 2 siung bawang putih, cincang halus
* 1 sdt merica halus
* 1/2 sdt gula pasir
* 2 gelas air

CARA MEMBUAT MISOA GORENG
1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan merica, gula pasir dan garam serta wortel dan daun seledri, aduk hingga wortel matang.
2. Masukkan misoa, tambahkan air hingga miso terendam, aduk terus di atas api kecil hingga air agak asat.
3. tambahkan 1 sdm terigu yg sudah dicairkan dengan sedikit air.
4. sebelum di angkat, masukkan 1 butir telur yg sudah di kocok lepas, untuk merekatkan adonan misoa
5. atur misoa dalam wadah/cetakan, dinginkan, setelah dingin, potong2 kecil, siap di goreng.
6. siapkan 5 sdm tepung terigu, tambahkan garam 1/2 sdt , masukan 1 butir telur yg sdh di kocok lepas, tambahkan air hingga adonan tepung cair.
7. gulingkan potongan misoa tadi ke dlm adonan cair tepung terigu yang di cairka tsb, goreng dgn minyak yg cukup dan api sedang.
8. angkat misoa dari penggorengan, tiriskan agar minyakknya turun,misoa goreng siap di santap dengan cabe rawit atau saus sambal…

Resep Roti Bagelen

bagelen papi

Biasanya nih klo suamiku yang belanja atau kebetulan dirumah lagi abis apa gitu, mis susu abg trus sy sms/ tlp suami untuk beli sebelum pulang kerumah, maka Roti bagelen ini tidak pernah dilewatkannya untuk tidak membeli. Melihat suami suka banget sama roti bagelen ini dan juga saya diminta untuk belajar bikin (biar ga beli katanya,hehe ) maka hasil belajarnya begini saudara-saudara . Penampilan kurang cantik menurut saya, tapi rasanya itu itu lhoo bikin nendang#edisi lebay.
buktinya langsung ludes pas udah mateng..#edisi seneng klo yang ini.
berikut resep versi saya lho yah..;D

Bahan Resep Roti Bagelen :

1. 500 gr Terigu protein tinggi.
2. 6 gr ragi.
3. 80 gr gula pasir.
4. 2 kuning telur.
5. 100 gr mentega.
6. Air secukupnya.

Olesan : mentega, gula halus, susu kental manis, aduk rata.(ukuran dikira-kira saja)

Cara Membuat Roti Bagelen :
a. Campurkan terigu, ragi, gula pasir, telur aduk rata, tambahkan air sedikit dikit sampai bisa di uleni.
Masukkan garam dan mentega uleni hingga kalis. Diamakan 30 menit.
b. Kempiskan adonan dan bagi @ 40gr, diamkan 30 menit.
c. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu 200*c selama 20 menit.
d. Biarkan dingin dan belah menjadi 2 bagian. Banyak yang membiarkan dingin semalaman, tapi saya ngga karena yang
pesan ga sabar nunggu besok katanya *lirik suami.
e. Olesi dengan bahan olesan lalu panggang sampai kecoklatan.
f. Roti bagelen siap dimakan (hihi ga bakal betah ditoples )

Happy cooking..^_^

Resep Singkong Parut

Foto-0600
Kali ini saya akan berbagi resep singkong parut. Sangat mudah membuatnya, bahan-bahannya pun mudah didapat. Kelemahan saya dalam membuat singkong parut ini adalah memarut singkongnya….hehe suka pegel..;D
Dipasar memang ada tukang parut singkong, Tapi kebersihannya tidak menjamin ya, jadi klo mau bersih parut sendiri..
Kebetulan ada acara doa dan giliran dirumahku, ada mamaku pula yang siap memarut singkong, maka resep singkong parut ini masuk dalam daftar cemilan malam itu, selain brownies coklat keju, bakpao dan cake ketan itam.
Berikut resepnya (ini adalah resep ketika saya bikin pas acara dirumah,jadi klo mau bikin setengah atau 1/4 nya boleh ko )

Bahan Resep Singkong Parut :

1. 4 kg Singkong, kupas, cuci bersih lalu parut.
2. 2 Buah kelapa muda parut, sebelum diparut dikerok ya. Kukus kurang lebih 10 menit, biar tidak mudah basi.
3. Gula secukupnya
4. Garam secukupnya.
5. Daun pisang untuk membungkus.

Cara membuat :
a. Campurkan singkong parut, kelapa, gula, garam aduk rata.
b. Bungkus dengan daun pisang masing2 sebanyak 3 sdm, lalu susun dalam dandang dan siap dikukus.
c. Singkong parut siap dihidangkan.

cat * Memasaknya tidak memerlukan waktu lama, kurang lebih setengah jam sudah mateng ko.

Happy cooking…^_^

Resep Tumis Kulit Melinjo Ikan Teri

melinjoSaat ini nampaknya sedang musim melinjo deh. Karena di pasar lagi banyakkkk sekali yang menjual kulit melinjo yang berwarna merah-merah itu.
Sekarang kita olah kulit melinjo tersebut jadi makanan yg super lezat dan bergizi : tumis kulit melinjo ikan teri.
Buat yang suka pedas, maka selain mengunakan cabe merah, tambahin juga dengan cabe rawit yaaa..
Mama dan adikku si Inong sukaaaa banget sama masakanku yang satu ini. yukkk di coba resep sederhana berikut ini yaa..

BAHAN TUMIS KULIT MELINJO IKAN TERI
* 1/4 kg kulit melinjo, cuci, belah 2, rebus hingga matang, sisihkan
* 1 ons ikan teri medan, cuci, goreng, lalu sisihkan
* 1 papan petai, kupas, belah 2
* 3 sdm minyak sayur untuk menumis bumbu

BUMBU TUMIS KULIT MELINJO IKAN TERI
* 5 siung bawang merah, rajang halus
* 2 siung bawang putih, rajang halus
* 2 lembar daun salam
* 1 jempol lengkuas, memarkan
* 2 lembar daun jeruk
* 15 bh cabe merah, rajang halus miring
* 3 bh cabe ijo, rajang halus miring
* 10 bh cabe rawit utuh, jika suka pedas, cabe rawitnya di iris juga

CARA MEMBUAT TUMIS KULIT MELINJO IKAN TERI
1. Panaskan minyak di wajan, masukkan semua bumbu, mulai dari bawang putih, bawang merah, petai, cabe merah, cabe ijo, rawit, salam, lengkuas, daun jeruk hingga harum dan matang, lalu masukkan juga petai nya.
2. tambahkan ikan teri dan kulit melinjo, aduk rata, tambahkan garam secukupnya. Jgn terlalu banyak yaa.. karena ikan terinya sendiri sudah asin.
3. Aduk semua bahan agar tercampur rata, angkat dan sajikan, dimakan hangat-hangat dengan nasi putih… hmmm bisa nambah berkali-kali lohhh :-)

kolek siresepku