Resep Bakpao


Mau dimakan setiap hari pun ga akan pernah ada bosannya sama kue Bakpao ini. Apalagi klo Bakpaonya dinikmati selagi hangat ditemani teh/kopi, juga pas banget sebagai suguhan klo ada acara dirumah. Saya dari kecil sudah tahu yang namanya bakpao, Karena tanteku sering membuatnya untuk kami, Bahkan tak jarang saya ikut mempersiapkan bahan bahan yang diperlukan dalam membuat bakpao ini, Bakpao yang bentuknya bulat dengan isian kelapa muda parut yang dicampur dengan gula merah. Tapi sebenernya kita bisa membuat banyak variasi bentuk dan isi bakpao. Dari bentuk bisa berbentuk bunga, keong, lonjong, bulat ataupun buah. Dari segi isi? wah klo udah bicara isi tuh ga akan bisa di list sepertinya. Mulai dari kelapa, daging, coklat, keju, coklat blok, kacang merah, kacang ijo dan masih banyak lagi yang pastinya sesuai dengan selera ya.

Sebelum kita masuk ke resep Bakpao, Saya mau berbagi resep memilih tepung terigunya dulu. Sebagaimana yang beredar dipasaran dan yang sering saya gunakan, maaf sebelumnya menyebut merk karena yang saya tahu pun cuma terigu ini (tapi ini bukan iklan ya, dan akupun bukan salesnya…hahahaha)
_ Terigu protein tinggi mis Cakra.
Saya sudah pernah mencoba tepung terigu ini, namun klo sudah mateng bakpao akan menciut.
hanya saja klo dirumah cuma punya persedian tepung ini dan keinginan membuat bakpaonya sudah tak
tahan lagi..hehe. Ketika kuliat bakpao sudah diisi dengan isiannya, langsung dikukus,jangan biarkan
mengembang lagi. Kukus dengan api besar selama 7 menit.
_ Terigu protein sedang mis Segitiga.
Saya juga sudah pernah mencoba memakai tepung terigu ini dan hasilnya bagus.
_ Terigu protein rendah mis Kunci.
Klo tepung terigu ini yang sering saya pakai untuk hasilnya bagus banget (kata saya dan para juri
setiaku dirumah dan tetangga2ku..)
Yuk kita ulas aja resepnya ya, untuk isinya silahkan sesuaikan dengan selera. hanya ceres pun bakpao sudah enak banget (favorit anakku)

Bahan Bakpao :
1. 250 gr tepung terigu protein rendah (mis kunci)
2. 70 gr tepung tang mien (di tbk biasanya ada, kalau pun ga ada pake tepung tapioka saja )
3. 1 Sdm Ragi instant (klo pake fermipan setengah bungkus aja)
4. 30 gr gula halus (pake gula biasa jg gpp)
5. 15 gr Susu bubuk (dancow yang biasa aku pake,hihi susu anak dirumah pun jadi alternatif jikala yang
biasa dipake ga ada…hehe)
6. 1/2 sdt garam halus (klo ga punya diulek aja dulu yah biar halus..qiqi)
7. 1 sdt baking powder
8. 30 gr mentega putih ( blueband jg bs hanya saja warna bakpaonya ga putih)
9. Air secukupnya, kurang lebih 250 ml
10. Gunting kertas roti kecil2 atau sebesar telapak tangan orang dewasa sebagai alasnya atau yang biasa
saya pake adalah daun pandan yang sudah pasti bakpaonya wangiiii..

Cara Membuat Bakpao :
* Campur tepung terigu, tepung tang mien, ragi, gula halus, susu bubuk, garam, baking powder Aduk rata.
* Masukkan air sedikit demi sedikit dan mentega uleni adonan sampai kalis (adonan lengket dan lentur,
disini kunci membuat bakpao merekah cantik dan empuk walau didiamkan semalaman). Cara paling ampuh
adalah membanting adonan, hehe olahraga sedikit kan nanti hasil akhir dapat bakpao cantiik dan
lembuuuuut.
* Diamkan adonan selama 30 menit.
* Kempiskan adonan untuk mengeluarkan udara didalamnya.
* Timbang adonan sebesar 30 gr (hehe klo ga punya timbangan gpp dikira2 aja)
* Ambil satu buah adonan, Tipiskan, letakkan isi ditengah tengah adonan, lalu bulatkan.Alasi dengan daun
pandan.
* Diamkan kembali selama 15 menit atau sampai mengembang dan terasa ringan.
* Kukus bakpao dalam dandang yang sebelumnya sudah dipanaskan selam 12 menit.
* Saatnya Bakpao di hidangkan…

Uppss klo udah mateng kirim2 yah…hehehe

Resep by Liena daeli

Author: Daeli Efflin
Visit Daeli's Website - Email Daeli

About eflinh24oi

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments (3)

 

  1. Iien says:

    jeng.. gimana cara membuat bakpao nya jadi cantik2 gitu bentuknya? share yaa..

  2. eflinh24oi says:

    gimana ya..?? edisi bosen bentuk bulat mba iien, jadinya apa aja yg jadi,hahaha malahan kata suamiku ada yg bentuk keong,wkwkwk…
    doain sukses belajar photoshop nanti aku share step2 nya yah….:)

  3. Syifa says:

    Haii mba, resep nd tips nya sudah ak coba nd hasilnya bnr2 memuaskan, bakpao buatan ku lembut nd enaaakk sekali..
    Terimakasih u/ resep bakpaonya, kalau ada resep kue atau masakan lain boleh di bagi2 ilmunya ya mba.. hehehe

Leave a Reply